Startup, Pemerintah, dan Investor Berkolaborasi di Starthub Connect

2018-08-19

Jakarta: Setiap pelaku startup dalam usia yang masih muda umumnya membutuhkan sekali dukungan untuk bisa berkolaborasi.

Salah satu caranya adalah dengan ikut serta dalam kesempatan tatap muka dan berdiskusi langsung dengan pelaku di dalam ekosistem startup seperti investor dan pihak pemerintah. Melihat besarnya kebutuhan akan kesempatan tersebut, iCIO Community yang berisi perkumpulan Chief Information Officer (CIO) dan eksekutif di bidang teknologi informasi dan komunikasi akan menggelar sebuah ajang bernama Starthub Connect.

 

Starthub Connect yang akan digelar pada 13 September 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang, digagas sebagai sebuah forum investasi dan pendanaan untuk mempromosikan semangat kewirausahaan dan mentoring bagi para startup yang diselenggarakan oleh Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura.

 

"Kami berkomitmen berbagi pengetahuan dan pengalaman yang kami harapkan bisa menjadi inspirasi dan panduan bagi para enterprenur muda," ungkap Koordinator Divisi Komunikasi iCIO Community Danny Natalies. Disebutkan bahwa iCIO Community akan membawa keahlian dan pengalaman lebih dari 200 anggotanya yang memiliki latar belakang berbagai industri yang dapat membantu para startup mengembangkan ide-ide dan prototipe bisnisnya menjadi bisnis melalui program-program mentorship.

 

iCIO Community menyatakan bahwa kini sosok CIO dituntut untuk bisa terus melakukan inovasi agar organisasi dapat terus memiliki keunggulan kompetitif. Caranya adalah membangun kultur inovasi lewat kolaborasi dengan jalangan startup.

 

Tren kolaborasi organisasi sekelas korporasi dengan startup semakin sering dijumpai. Organisasi Unilever Foundry adalah salah satu platform yang diciptakan dari tren tersebut oleh pihak Unilever. Data dari pihak Unilever menyebutkan bahwa sekitar 80 persen responden korporasi di seluruh dunia kolaborasi tersebut berdampak positif dalam mendorong inovasi. Selain itu, 89 persen startup percaya kolaborasi dengan korporasi menghadirkan kesempatan yang lebih luas untuk kesuksesan bisnis rintisan mereka.


Sumber: MetroTVnews

 

Share this article: